Minggu, 18 November 2012

2 Fungsi Merek


Pertama, merek memberikan identifikasi terhadap suatu produk sehingga konsumen mengenali merek dagang, yang berbeda dengan produk lain.
Kedua, merek membantu untuk menarik calon pembeli. Kebanyakan pengusaha selalu berusaha agar produknya dapat terus bertahan pada kejayaan dipasar. Tidak heran jika banyak pengusaha yang melakukan berbagai macam upaya dan kiat-kiat baru agar produk tidak hilang dalam ingatan konsumen, memperluas geografis pemasan untuk meraih konsumen-konsumen baru, dengan cara memberi potongan harga (discount) atau hadiah-hadiah menarik lainnya. Tetapi kalangan pelanggan yang fanatik tidak mau beralih dari satu merek favorit, walaupun ada merek lain yang menawarkan lebih baik dari merek favoritnya.
Jadi hanya merek-merek yang mampu bertahan yang memiliki grafik penjualan tertinggi, sedangkan bagi produsen yang tidak berhasil “mendongkrak merek”nya akan terpuruk atau pindah ke merek lain.
Merek yang bersifat “inovatif” tidak hanya harus dilakukan oleh perusahaan saja tetapi juga oleh partner bisnis perusahaan. Karena itu anda harus bisa mencari dan merekurt orang-orang yang inovatif. Sifat inovatif ini harus dapat diterapkan pada semua posisi diperusahaan, termasuk penyedia produksi, supir truk, akuntan, dan bagian penjualan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar