1. Merek Dagang
Adalah merek yang digunakan pada
barang yang diperdagangkan oleh seseorang atau beberapa orang secara
bersama-sama untuk membedakan dengan barang-barang sejenis lainnya.
2. Merek Jasa
Adalah merek yang digunakan pada
barang atau jasa yang diperdagangan oleh seseorang atau sama atau badan hukum
untuk membedakan dengan jasa-jasa sejenis lainnya.
3. Merek Kolektif
Adalah merek yang digunakan pada
barang atau jasa dengan karakteristik yang sama yang diperdagangkan oleh
beberapa orang atau badan hukum secara bersama-sama untuk membedakan dengan
barang atau jasa sejenis lainnya.
Beberapa hal penting dalam pengelolaan merek,
antara lain :
1. Perusahaan
harus bisa membangun merek korporasi (Corprate
Brand) yang kuat, merek tersebut
dapat membangkitkan kesan yang baik tentang kualitas merek dan nilai semua
produk dan jasa yang dihasilkan.
2. Perusahaan
harus bisa menyusun rencana pengembangan merek yang terpadu dan menyeluruh agar
dapat menciptakan customer experience
yang positif kepada konsumen.
Merek-merek
yang “tidak dikelola” dengan baik akan “mati terbunuh” oleh para pesaingnya.
Karena itu penting agar mengelola merek tidak saja sebagai “aset”, tetapi
bagaimana mereka “mempertahankan” merek tersebut dalam jangka waktu lama.
Karena jika anda hanya memikirkan merek sebagai “aset” akan membuat anda
melakukan cara-cara permainan dan transaksi yang berlebihan utnuk “mengangkat”
pamor merek tersebut diantara para pesaingnya. Dibawah ini contoh-contoh kasus
para pengusaha yang berhasil dengan merek-nya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar