Minggu, 18 November 2012

Jenis Merek dan Cara Mengelolanya


1.                  Merek Dagang
Adalah merek yang digunakan pada barang yang diperdagangkan oleh seseorang atau beberapa orang secara bersama-sama untuk membedakan dengan barang-barang sejenis lainnya.
2.                 Merek Jasa
Adalah merek yang digunakan pada barang atau jasa yang diperdagangan oleh seseorang atau sama atau badan hukum untuk membedakan dengan jasa-jasa sejenis lainnya.
3.                 Merek Kolektif
Adalah merek yang digunakan pada barang atau jasa dengan karakteristik yang sama yang diperdagangkan oleh beberapa orang atau badan hukum secara bersama-sama untuk membedakan dengan barang atau jasa sejenis lainnya.
Beberapa hal penting dalam pengelolaan merek, antara lain :
1.          Perusahaan harus bisa membangun merek korporasi (Corprate Brand) yang kuat, merek tersebut dapat membangkitkan kesan yang baik tentang kualitas merek dan nilai semua produk dan jasa yang dihasilkan.
2.           Perusahaan harus bisa menyusun rencana pengembangan merek yang terpadu dan menyeluruh agar dapat menciptakan customer experience yang positif kepada konsumen.
Merek-merek yang “tidak dikelola” dengan baik akan “mati terbunuh” oleh para pesaingnya. Karena itu penting agar mengelola merek tidak saja sebagai “aset”, tetapi bagaimana mereka “mempertahankan” merek tersebut dalam jangka waktu lama. Karena jika anda hanya memikirkan merek sebagai “aset” akan membuat anda melakukan cara-cara permainan dan transaksi yang berlebihan utnuk “mengangkat” pamor merek tersebut diantara para pesaingnya. Dibawah ini contoh-contoh kasus para pengusaha yang berhasil dengan merek-nya.      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar