Rabu, 14 November 2012

APA ITU MEREK??

Merek adalah nama, istilah logo,tanda atau lambang dan kombinasi dari dua atau lebih unsur yang dimaksud untuk mengidentifikasikan barang-barang atau jasa dari seorang penjual atau kelompok penjual untuk membedakannya dari produk pesaing. Sedangkan” bill gates” mengatakan bahwa merek adalah salah satu faktor terpenting bagi keberhasilan penguasa pasar. Tidak heran jika banyak produsen dan pengusaha yang rela menghabiskan miliaran rupiah untuk berpromosi.

Suatu merek adalah label yang mengandung arti dan asosiasi. Merek yang hebat dapat berfungsi  lebih dalam memberi warna dan getaran pada produk atau jasa, merek itu tidak sekedar sebuah nama, bukan juga sebuah logo atau simbol, jadi keliru jika anda beranggapan bahwa merek itu hanya sekedar sebuah nama. Merek dapat menjadi “payung (umbrella)” yang mampu mempresentasikan produk atau layanan anda. Meskipun merek adalah nama atau tanda tetapi merek mempunyai arti yang penting dalam pemasaran,karena merek sangat “efektif”sebagai alat untuk meningkatkan atau mempertahankan jumlah penjual.

Merek itu tidak sekedar sebuah  nama, bukan juga sekedar logo atau symbol.membangun merek juga tidak harus melalui iklan yang tidak terhitung jumlahnya. Membangun merek  mesti menunjukan adanya diferensiasi yang unik dan solid.”membangun sebuah merek akan meningkatkan daya jual produk usaha anda”. Akan tetapi membuat merek jangan sembarangan , karena “merek yang hebat dapat berfungsi lebih dalam untuk member “warna” dan “getaran” pada produk atau jasa”. (Philips kottler).

Menentukan merek yang pas bagi produk usaha adalah bukan hal yang mudah banyak produsen atau perusahaan yang berfikir bahwa meluncurkan produk sama seperti melepas bola agar jatuh diarena yang tepat, dimana dibawah sana sudah ada konsumen yang menunggu kehadiran produk anda dengan sebuah harapan dan tangan terbuka.

Dalam dunia bisnis,kita tidak bisa mengandalkan teori gravitasi bumi, dimana ”lemparan bola” anda bisa bergerak lancer dan jatuh ditempat yang sudah anda perkirakan. Dalam halnya sebuah produk yang telah anda beri merek (brand) harus melewati masa-masa sulit dalam merebut simpati hati konsumen. Terlebih pada produk yang sifatnya ”Fast Moving Consumer Goods” (FMCC). “ pencapaian” tertentu dalam mengelola sebuah “merek” guna mencapai visi dan citra merek bagi perusahaan anda.

Untuk membangun suatu merek berkaitan dengan jangka panjang “usia suatu merek”, penting bagi sebuah perusahaan untuk menetapkan visi, nilai, kepribadian dan menentukan posisi merek sebagai paduan bagi diferensiasi visual dan produk  dari budaya merek sebagai komponen-komponen dasar untuk membuat “identitas merek” dan “ekuitas merek”. Kegiatan untuk memperkenalkan dan mempopulerkan merk dagang merupakan suatu syarat untuk berhasilnya perusahaan memasarkan produk tersebut, karena itu dilakukanlah melalui “pengguna merek “ bagi produk pesaing lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar