1. Penempatan
merek pada “kemasan/packaging”
Kemasan ini termasuk dalam strategi
produk dalam upaya melancarkan pemasaran merek dari perusahaan anda,karena itu
pentingnya merencanakan dan menjaga mutu dari kemasan luar, seperti
pembungkusan,etiket,warna ataupun pemakaian logo merek usahakan agar tampil
menarik perhatian para konsumen dan dapat memberi kesan bahwa produk tersebut
mutu atau kualitasnya baik. Maka setiap kemasan harus bisa menimbulkan
rangsangan (motivasi) agar menarik perhatian pembeli.
2. Perhatian
pada kualitas (mutu) produk
Kualitas produk adalah penting yang
perlu mendapat perhatian dari para produsen atau perusahan. Karena kulitas
berkaitan erat dengan kepuasan konsumen,yang merupakan tujuan dari pemasaran
perusahaan.
Ketepatan
(precision) dari suat produk akan memudahkan anda dalm proses operasional,
sehingga perusahaan dapat menyediakan produk yang sesuai dengan
kebutuhan/permintaan konsumen dan dijadikan sebagai alat ukur untuk
mempertimbangkan pasar (strategi market) dari segmen tertentu sehingga mampu
mengalahka pesaing melalui startegi market yang pas.
3. Pelayanan
(service) yang memuaskan dari produk
Keberhasilan suatu pemasaran produk
ditentukan juga oleh baik buruknya pelayanan yang diberikan oleh perusahaan
dalam memasarkan produknya.Bentuk pelayanan ini bermula dari pada saat
memasarkan produk,menawarkan produk,pelayanan terhadap pembeli/konsumen,
pelayanan dalam hal perbaikan dan pemeliharaan (service) dari produk tersebut
apabila rusak.
4. Harga
Penentuan harga sangat menentukan
bagi keberhasilan dari suatu produk. Banyak hal yang harus dipertimbangkan
dalam menetapkan suatu harga pada suatu produk.Berdasarkan prinsip ekonomi ,
berbisnis adalah mencari keuntungan sebesar-besarnya dengan biaya produksi
serendah-rendahnya.
Ada 3 hal utama dalam penentuan
suatu produk
1. 1 .
Faktor persaingan
Persaingan tidak heran semua pengusaha
berkeinginan sama memasang harga semaunya, pada kenyataannya persingan sangat
ketat akan meningkatkan kualitas barang dan memberikan kepuasan terhadap
konsumen yang memiliki kebebasan untuk memilih produk berdasarkan mutu dan
pelayanan yang baik.
2. 2. Faktor peraturan pemerintah
Peraturan pemerintah diterapkan guna
mencegah pihak-pihak atau pengusaha yang memiliki ekonomi kuat agar tidak
menguasai pasar secara monopoli
3.
3. Faktor
etika
Etika merupakan penetapan harga yang
disesuaikan untuk menghindari harga-harga yang melampui batas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar